Blog didedikasikan kepada pengikut dan pembaca dalam hal pengalaman penulis dalam menyajikan tempat wisata (traveling), obyek pendidikan, jajanan, sosial budaya, ekonomi dan kehidupan jalanan.

Saturday, January 31, 2015

Blogger Pemula? Berikut yang harus anda lakukan.

tips blogger pemula
- Anda adalah seorang yang baru dalam dunia blogger?

- Anda bingung apa yang harus dilakukan untuk mengawalinya?

- Akan dibawa kemana blog saya dan bagaimana saya mengelolanya?

** Hal ini pasti akan anda alami dalam dunia blogging. Seperti halnya para blogger lainnya yang baru memulainya.

Tapi bagi anda yang sudah mampir dan singgah di blog ini saya ucapkan selamat datang. Senanglah anda. Karena saya akan berbagi pengalaman mengenai awal ngeblog yang saya lakukan.

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan dalam mengawali ngeblog anda sebelum melangkang lebih jauh :
    • 1. Kamu harus mempunyai sifat suka membaca dan suka menulis. 
    Selain sebagai penulis di blog anda, sangat penting yang harus diperhatikan bahwa seorang blogger juga harus mampu untuk membaca dari tulisan-tulisan di blognya orang lain. Nantinya kamu akan melakukan aktifitas blogwalking. (Baca juga: apa itu blockwalking?)
      • 2. Kenali dulu berbagai macam platform dalam dunia blogging.
      Sebelum melangkah lebih jauh. Anda baiknya memperhatikan satu hal ini, platform apa yang akan gunakan dalam ngeblog anda. Saat ini yan sedang populer dalam dunia blogging yaitu blogger dan wordpress.

      Mana yang baik dari kedua platform ini? Jika anda bertanya demikian pasti antar blogger berbeda. Ada yang lebih sukda blogger dan ada pula yang lebih memaksimalkan di wordpress. Hal ini tergantung selera dan kebutuhan anda. Untuk saya sendiri mengawali ngeblog menggunakan blogger. Tentunya diantaranya kedua mempunyai kelebihan dan kekurangan.

      • 3. Pahami tentang penggunaan template.
      Biasanya yang sering saya jumpai dalam dunia blogging, mereka yang baru membuat blog kurang memerhatikan penggunaan template.
      Hanya menggunakan template platform bawaan menandakan bahwa blogger tersebut kurang dapat memaksimalkan kebutuhan pembaca.

      Buatlah tampilan blog anda senyaman mungkin. Apa yang anda lihat dan rasakan dalam melihat tampilan blog, itulah juga yang akan orang lain rasakan. Buatlah semenarik mungkin.
      • 4. Fokuslah terlebih dulu hanya dalam satu blog.
      Setelah menentukan platform yang anda pilih, saran saya anda lebih fokus hanya dalam blog satu saja. Kelola dan nikmati blog awal anda. Jangan memikirkan untuk membuat blog lagi agar memperbanyak backlink.  Baca juga mengenai bagamana cara memperoleh backlink yang baik. 

      • 5.  Tentukan konten apa yang akan anda muat dalam blog tersebut.
      Konten yang anda berikan bebas/tidak dibatasi. (Pastinya yang bermanfaat bagi orang lain).  Materi yang diberikan baik berupa pendidikan, ekonomi, kesehatan, budaya, wisata, ataupun pengalaman dapat anda tuangkan dalam blog. Buatlah pembaca yang mengujungi blog anda merasa nyaman dan terbawa dalam dunia.

      Demikianlah hal-hal yang harus anda lakukan untuk mengawali ngeblog anda. Semoga bermanfaat dan menjadikan artikel di atas sebagai motivasi anda untuk tetap menulis. Biarkan dunia mendengar seberapa kerasa teriakan anda. :)

      (Baca juga tentang: memaksimalkan template untuk blogger pemula)

       


          Share:

          0 komentar:

          Post a Comment

          Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com