Blog didedikasikan kepada pengikut dan pembaca dalam hal pengalaman penulis dalam menyajikan tempat wisata (traveling), obyek pendidikan, jajanan, sosial budaya, ekonomi dan kehidupan jalanan.

18 February 2015

Inilah penegakan hukum di Indonesia, keluarga sadar hukum wajib baca.

Postingan kali ini saya mencoba membahas tentang penegakan hukum yang ada di Indonesia berdasar kuliah yang pernah saya tempuh.
Hukum mengatur dan melindungi hak dan kewajiban, supaya kita hidup tertib dan aman.

Apabila terjadi suatu pelanggaran hukum, maka hukum harus ditegakkan. Untuk itu, negaa telah memberi wewengan kapada petuga tertentu, yang disebut penegak hukum, meliputi:
1.    Polisi
2.    Jaksa
3.    Hakim
4.    Dan Penasehat Hukum

source: rangselbudi.files.wordpress.com
Jadi, apabila terjadi suatu pelanggaran hukum, kita tidak boleh bertindak sendiri untuk menegakkan hukum, dengan cara main hakim sendiri.
Tugas kita dalam penegakan hukum adalah membantu para penegak hukum dalam melindungi hak dan kewajiban kita.

Cara kita membatu para penegak hukum, seperti segera melaporkan kepada polisi apabila kita mengetahui terjadinya suatu tindak kejahatan. Selain, seandainya kita diminta keterangna sebagai saksi, maka berikanlah keterangan yang benar apa yang kita lihat, dengan dan ketahui saja, janganlah menambah atau mengurangi keterangan tersebut.

Demikian sedikit artikel ini, semoga kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga penegakan hukum di masyarakat benar-benar nyata dan dapat dibuktikan. Jadilah warga yang patuh terhadap hukum, sayangi keluarga anda.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya - BerBagi dengan HePi Dibuat dengan senang hati oleh: Dwi Agus