Blog didedikasikan kepada pengikut dan pembaca dalam hal pengalaman penulis dalam menyajikan tempat wisata (traveling), obyek pendidikan, jajanan, sosial budaya, ekonomi dan kehidupan jalanan.

Wednesday, July 8, 2015

Bagaimana nilaimu semester ini bung?

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah senantiasa saya panjatkan, sehat jasmani rohani masih dapat saya rasakan sampai saat ini.

Berbangga hati saya masih bisa menjadi mahasiswa di Universitas Jember, khususnya menjadi anak hukum. Yang dituntut tetap harus patuh terhadapnya, kemana saja dan dimana saja. Kenapa? Agar tidak dibodohi orang bung!

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah senantiasa saya panjatkan, sehat jasmani rohani masih dapat saya rasakan sampai saat ini.     Berbangga hati saya masih bisa menjadi mahasiswa di Universitas Jember, khususnya menjadi anak hukum. Yang dituntut tetap harus patuh terhadapnya, kemana saja dan dimana saja. Kenapa? Agar tidak dibodohi orang bung!



Satu hal lagi yang menjadi bahagia bagi saya untuk tahun ini. Datang bulang ramadhan 1436 Hijriah saat ini dan berakhir pula semester 4 ini. Tidak terasa sudah di pertengahan jalan, doakan saya tepat lulus pada waktunya.

Memang, berat sekali menjadi mahasiswa. Banyak hal yang harus dipilih dan pilah untuk menentukan jati dirinya yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Sebelum saya membahas mengenai judul dalam postingan ini lebih lanjut, alangkah baiknya anda semua memahami karakter diri sendiri terlebih dahulu, seperti apa watak anda? Kesukaan? Kegemaran? dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa demikian?
Karena hal itu ajan memperngaruhi kehidupan, khususnya mahasiswa seperti saya. Di era modern seperti saat ini, pesatnya globalisasi dan sosial media merajalela jangan sampai salah arah dan tujuan.

Bisa saja tujuan kemarin yang sudah direncanakan matang-matang dapat berubah hari ini demi sesuatu yang terpaksa, atau bahkan karena hanya untu ikut-ikutan mengejar pamor.

Dan kali ini jangan sampai tujuan anda salah arah. Sudah kan merencanakan baik-baik? Pasti sudah. Nah sekarang tinggal anda yang jalani. Jangan terpengaruh apapun dan siapapun. Biarlah anda menjadi diri sendiri.


Kembali lagi pada diri saya pribadi, saya adalah penerima predikat IP rendah dikampus saat semester 4. Tapi sebelumnya adalah peraih SKS 20 keatas, dan setelah semester 4 langsung done! Ingin tahu mengapa bisa terjadi kepada diri saya?

Jawabannya adalah simple! Saya tidak menjadi diri sendiri, dan hari ini saya baru menyadarinya. Puji Allah dapat memberikan hidayahNya. Jika tidak, saya akan kesulitan mencari arah yang benar-benar baik pada diri saya.

Saya sarankan bila kalian juga adalah mahasiswa saperti saya, atau bahkan yang akan memasuki masa kuliah. Jangan sungkan-sungkan untuk curhat dan berbagi dengan kedua orang tuamu, sahabatmu dan bapak ibu gurumu. Jangan pelit bertanya!

Setelah 4 semester saya lalui. Banyak godaan yang harus saya jalankan dan hadapi. Jika kamu saat ini masih berada di rumah (belum berada di daerah kampus), bersyukurlah!
Karena saya yakin godaan disana lebih sedikit dibandingkan di kota yang terlalu mainstream dan banyak barang mulus! (maaf).
Pembelajaran di kampus sangat berbeda sekali dengan sistem disekolah. Maka dari itu sering-seringlah belajar kelompok dan bermain kelompok. Kamu tidak akan tahu sampai kapan kamu ada di kampusmu, tetapi semua penentuan ada ditanganmu.

Oh ya, jangan lupa! Ketika kamu berada dalam lingkup kampus. Jangna lupa untuk mencari sahabat, kehadiran mereka sungguh berarti. Itu sudah saya rasakan, apalagi ketika mereka jauh, ingginya selalu telpon terus. MAAF! Bukan karena saya seorang JONES maupun penyuka sesama!

Allah suka dengan hambaNya yang memperbaiki diri. Oleh karena itu, jangan bosan-bosan dan terus berdoa dan memohon kelancaran riski padaNya. Usaha akan sia-sia tanpa ada rasa syukur dan memohon kepada rabbNya.
Saya rasa kusudahi postingan ini, baiknya kita minum kopi bersama.

*Ditulis di taman tengah kampus, ditemani 3 orang sahabat. Semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com