Blog didedikasikan kepada pengikut dan pembaca dalam hal pengalaman penulis dalam menyajikan tempat wisata (traveling), obyek pendidikan, jajanan, sosial budaya, ekonomi dan kehidupan jalanan.

Tuesday, July 7, 2015

Event Review Mooting Class ALSA LC UJ.

Hi Alsaians...

Cerita ini dimulai ketika Director ALSA LC UJ terpilih, dan kemudian terbentuklah jajaran Local Board yang terdiri dari 5 (lima) orang BOD dan 18 (delapan belas) orang BPH, salah satunya adalah Mooting Division. Mooting Divisiondisini memiliki Job description yang membangun dan melatih member ALSA LC UJ tata cara beracara di peradilan. Dari jobdes tersebut lahirlah beberapa program kerja, antara lain mooting class. 


ALSA LC UNIVERSITAS JEMBER
Foto Kegiatan Mooting Class I
 Mooting class disini dibagi menjadi 2 macam, yaitu mooting class untuk kompetisi peradilan semu dan mooting class untuk pemahaman tentang beracara baik itu di peradilan umum, niaga, tata usaha negara, militer bahkan peradilan agama. 

Selama 2 (dua) bulan ini Mooting Divisiontelah melakukan 3 (tiga) program kerja, dimana 2 (dua) proker tersebut berbentuk mooting class yang isinya menjelaskan tentang kompetisi peradilan semu. Pada mooting class yang pertama isinya adalah menonton video kompetisi peradilan semu yang selanjutnya masing-masing member membuat alur persidangan menurut pemahaman mereka. 


Mooting class kedua pembahasannya adalah alur berkas yang dimentori oleh salah seorang ex delegasi NMCC 2015 dan demisioner manager of mooting Handayani Eka Budhianita. Dalam sesi tersebut, Hani juga memberikan semangat kepada para member agar mengikuti kompetisi peradilan semu. Hani menyamaikan apabila ingin mengikuti kompetisi peradilan semu modal utamanya adalah kemauan dan komitmen sedangkan untuk pendukungnya adalah pengetahuan yang kita miliki. 


Setelah melalui 2 (dua) proker tersebut, akhirnya pada tanggal 26-27 Juni 2015 dilakukanlah suatu mekanisme yang berkesinambungan dari 2 (dua) proker sebelumnya, yaitu open recruitment. Oprec dilakukan dengan sangat ketat melalui 3 (tiga) tahapan, dan itu semua dilakukan di siang hari ketika para calon player sedang bepuasa.


 Tetapi itu bukanlah menjadi halangan bagi mereka, justru menjadi awal semangat mereka untuk menjuarai NATIONAL MOOT COURT COMPETITION ALSA PIALA MAHKAMAH AGUNG XIX di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Dan 2 (dua) hari setelahnya diumumkanlah nama-nama yang akan mewakili Fakultas Hukum Universitas Jember dalam kompetisi peradilan semu januari mendatang. 

Tidak ada kata istirahat bagi para player, mereka langsung mengatak-ngatik kaspos yang diberikan oleh panitia yang tergolong banyak “hole”nya. Waktu libur yang seharusnya digunakan untuk liburanpun harus direlakan demi kesuksesan bersama. Tetap semanagat kalian para calon juara.
ALSA, Always be one!



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com