Blog didedikasikan kepada pengikut dan pembaca dalam hal pengalaman penulis dalam menyajikan tempat wisata (traveling), obyek pendidikan, jajanan, sosial budaya, ekonomi dan kehidupan jalanan.

16 November 2015

Istirahat adalah rahasia malam dan bekerjalah disaat siang.

Bekerja saat siang dan isitirahat saat malam
Sumber Foto: themes,com
Seorang Muslim dituntut untuk mewarnai hidupnya dengan warna Islam dan menyelaraskan tata aturan kehidupannya berdasarkan nulai-nilai dan manhaj Islam, sehingga ia tidak membiarkan satu aktifitas pun melainkan sesuai dengan tuntutan Islam. Apabila seorang muslim melakukan hal tersebut, maka ia akan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.


Salah satu urusan penting yang diperhatikan oleh Islam adalah masalah waktu. Islams sangat menekankan agar pemeluknya memanfaatkan waktu secara sempurna dan efisien. Salah satu sarana waktu adalah mengatur waktu seorang Muslim, baik saat tidut maupun saat bekerja, baik saat diam maupun sedang beraktifitas.

Menurut Al-Qur'anul Karim, salah satu bentuk rahmat Allah SWT untuk para hambanya adalah Dia menjadikan hidup mereka diliputi oleh waktu siang dan malam serta gelap dan terang. Kehidupan manusia tidak seluruhnya siang dan tidak pula seluruhnya malam, tidak semuanya gelap dan tidak semuanya terang.

Bahwasanya Firman Allah SWT dalam QS. al-Qashash [28]:73 :
"Dan karena rahmat-Nya. Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya"
Tidur adalah berhentinya atau berkurangnya kegiatan saraf otak manusia sehingga ketika tidur, energi dan panas badan menurun. Pada waktu tidur, tubuh merasa tenang dan rileks setelah otot atau saraf atau kedua-duanya letih bekerja.

Semua kegaitan tubuh manusia menurun di waktu tidur, kecuali metabolisme, aliran seni dan keringat. Proses-proses tersebut jika berhenti justru akan membahayakan manusia. Sedangkan pernapasan sedikit berkurang intensitasnya, tetapi lebih panjang dan lebih banyak keluar dari dada ketimbang dari perut.

Jantungnya pun akan berdetak lebih lambat sehingga aliran darah menjadi lebih sedikit. Otot-otot yang kejang akan mengendur sehingga mengakibatkan kesulitan bagi seseorang yang tengah tidur untuk melakukan perlawanan. Semua hal itu menyebabkan tidur sebagai waktu istirahat yang paling baik bagi manusia.
Sedangkan malam itu disebut sebagai pakaian, karena malam itu gelap menutupi jagat sebagai pakaian menutupi tubuh manusia. Adapun siang adalah waktu untuk mencari penghidupan. Menamai siang dengan hidup dihadapkan dengan malam yang menjadi waktu tidur. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya - BerBagi dengan HePi Dibuat dengan senang hati oleh: Dwi Agus