Menulis, Blog, Jember, Wisata, Budaya, Komunitas, Travel, Vlog, Video, Literasi, Tulisan, Buku, Tips dan Trik, Pramuka, Islami

Tuesday, June 21, 2016

Segera keluarlah dari zona nyaman yang tidak menyenangkan

Hari pun berganti, sosok seorang sahabat masih sangat saya butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi saat berada dirumah singgah atau kos, sangat berperan didalam pengembangan karakter dan kepribadian; terutama bagi pemuda yang seumuran dengan saya 21 - 25 tahun, sama halnya dengan usia Pramuka Pandega didalam golongan keanggotaan Gerakan Pramuka di Indonesia yang saya ikuti.

Ngopi di warung Bu Astro Jember, Jalan Danau Toba depan masjid
"Ngopi adalah waktu yang tepat untuk kita saling berbagi"

Terlepas dari hal diatas, sampai saat ini saya harus tetap melaksankan kewajiban sebagai mahasiswa. Jangan pernah melupakan status mahasiswa dimanapun kita berada, meski didaerah yang didominasi bukan kumpulan dari mahasiswa, saya sadar pengakuan diri terhadap status mahasiswa tidak akan pernah dianggap oleh masyarakat, terumata dipedesaan. Orang tak akan memandang kita sebagai seorang mahasiswa yang aktif dikelas, gemar kerumah dosen, dan penyayang umat mahasiswa lain ketia UAS; orang tak akan pernah bertanya tentang hal itu. 

Yang jelas, mereka akan menganggap kita sebagai seorang masyarakat seperti halnya mereka juga. Jika kita berkumpul dengan komunitas pedagang, orang akan berpikiran bahwa kita adalah pedagang. Kendati pun demikian, ketika kita bersama dengan para elit politik yang mengenakan dasi, orang tak akan menyangka jika kita adalah orang desa pinggiran, meraka akan menganggap kita juga pada golongan yang sama.

Siapapun yang berkumpul dengan penjual parfum, maka mereka juga akan berbau wangi pula dan siapa yang berkumpul dengan tukang servis printer, tanggannya juga akan tersisa warna hitam tinta.

Saya dapat menyimpulkan, bahwa hidup tidak akan pernah terlepas dari pengaruh orang lain. Kesuksesan kita juga akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Saya mengamati, kendati pun juga menyadari. Ketika berkumpul dengan mahasiswa yang didominasi kurang minat didalam mengerjakan tugas kampus, 80% saya akan mengikutinya. Saat saya bersama dengan mahasiswa yang rajin mengerjakan tugas kampus, saya pun tidak akan mau kalah untuk segera menyelesaikannya. Hal itu tanpa saya sadari, diluar batas pikiran. Saya yakin itu adalah hal wajar jika diri saya masih dianggap normal, pasti anda sebagai pembaca tulisan ini akan sangat setuju dengan pernyataan tersebut.

Jadi pada intinya, segera keluarlah dari zona nyaman. Buatlah hari sebagai mahasiswa benar-benar menyenangkan. Ketika dalam kondisi luang, sibukkanlah diri anda dengan suasana yang lebih dari sekedar tidur. Karena saya sudah menyadari, terlalu menikmati hawa tidur akan mengantarkan kepada gerbang tugas kuliah yang semakin menumpuk. Minat akan berpengaruh terhadap segala hal. Coba lakukan apa saja sesuai dengan minat anda. Suka menulis, menulislah. Suka memasak, carilah berbagai resep dari google dan blog lain yang lebih variatif dalam penggunaan aroma dapur. Apalagi bagi anda yang suka fotografi, jangan pernah tinggalkan kamera/gadget dari saku. 
Jangan buat diri anda terlalu nyaman, karena zona itu hanya sesaat menyenangkannya. Salam saya dari kawan muda, Jember.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com