Menulis, Blog, Jember, Wisata, Budaya, Komunitas, Travel, Vlog, Video, Literasi, Tulisan, Buku, Tips dan Trik, Pramuka, Islami

Monday, September 26, 2016

Sebesar Kemampuanmu, Sebesar itu pula keuntungan yang didapat.

Menjadi anggota Dewan Kerja di Kwartir Cabang, Daerah, bahkan Nasional tidak cukup hanya bermodalkan pengalaman di Gugusdepan dan kemampuan berbicara dimuka umum, bahwa asalkan anggota Dewan Kerja mampu memberikan pengaruh yang luar biasa kepada Penegak/Pandega didaerahnya dijamin akan berhasil.Statemen ini meski mengandung kebenaran, tetapi kandungan kesalahannya lebih dominan.

Dwi Agusatya Wicaksana - DKD Jawa Timur

Dengan hanya besikap nurut secara pasif dengan keadaan dan realita yang ada, mungkin Dewan Kerja mampu menempuh masa jabatannya secara penuh, namun dia tidak akan pernah menjadi siapa-siapa, tidak akan mampu mengukir prestasi gemilang dan tidak mempunyai kualifikasi sebagai pemimpin.

Sebesar kemampuanmu sebesar itu pula keuntungan yang didapat.Artinya, manfaat yang akan kita dapatkan dari pendidikan Pramuka sejak dulu, sangat berkaitan dengan kesadaran dan kesanggupan dalam dalam menyerap nilai-nilai pendidikan tersebut. Para pegiat Pramuka, utamanya saya khususnya pada Dewan Kerja meskipun mendapatkan kesempatan dan porsi pendidikan yang sama, yang didapatkan antara satu dengan lainnya berbeda-beda.

Sebagian hanya mampu melihat kulit luarnya saja, yang lain sedikit mampu menembus tataran sistem dan metodologi, sementara yang lain lagi mampu menyelami hingga dasar-dasar filosofi dan substansinya dari apa yang di ikuti. Tidak sedikit hanya mampu menggenggam abunya, meskipun banyak juga yang mampu menangkap apinya.

Seperti ilmu dan hikmah yang dibawa Nabi Muhammad SAW untuk diajarkan kepada umatnya, kemampuan mereka dalam menyerap dan mengembangkan berbeda-beda. Ketika hujan deras menyirami bumi, ada tanah yang berkualitas baik, subur, mampu menyerap air, menyimpan dan memancarkan mata air serta sungai-sungai, menumbuhkan kesuburan dan tanaman.Inilah jenis tanah yang bisa mengambil manfaat sekaligus memberi manfaat.

Sementara yang lain berupa batu-batu berlubang, yang mampu menyimpan air, untuk dimanfaatkan makhluk lain, tetapi dia tidak pernah berubah menjadi tanah subur.Memberi manfaat, tetapi tidak mampu mengambil manfaat bagi dirinya sendiri.Sementara ada pula yang berupa batu licin, yang setiap kali air hujan deras menyiram, hanya menambah tebalnya lumur-lumut yang licin.Tidak mengambil manfaat dan tidak pula memberikan manfaat.

Menjadi pegiat Pramuka utamanya Dewan Kerja harus dengan membuka jendela informasi berupa pendengaran dan penglihatan untuk menangkap fenomena-fenomena dalam sehari-hari, dapat mencerna dengan pikiran dan hati nurani. Bermodalkan kepercayaan, di ikuti dengan kesiapan dan keinginan untuk memahami, serta kesungguhan dalam menjalankan semua kegiatan, maka pemahaman akan datang dengan sendirinya. Bahwa keikhlasan, kesungguhan dan kerja keras serta disiplin adalah kunci keberhasilan dalam perjuangan hidup.
“Insya Allah.. Dengan kemampuan Tuhan yang luar biasa Agung, saya siap memperjuangkannya, bekal untuk tua nanti semuda dini. Dengan demikian, saya berharap tua nanti tidak terkejut memaknai kerasnya hidup didunia”.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com