Blog didedikasikan kepada pengikut dan pembaca dalam hal pengalaman penulis dalam menyajikan tempat wisata (traveling), obyek pendidikan, jajanan, sosial budaya, ekonomi dan kehidupan jalanan.

Tuesday, December 27, 2016

Pilih kos, sesuaikan dengan hati; ingin kos murah; disini aja.

Sebagai mahasiswa, tentu harus punya tempat tinggal yang baik dan layak. Seperti halnya memilih rumah, memilih kamar kos juga harus dipertimbangkan matang-matang. Karena hal ini akan memberikan pengaruh terhadap aktifitas sehari-hari.Tentu bagi saya pindah kamar kos 3 kali adalah menjadi tanda tanya yang besar, mengapa bisa demikian. 

Tampak halaman depan kos, Jalan Bengawan SOlo II No. 76, Jember

Setelah memahami dan mengamati berbagai hal dan pertimbangan yang saya lakukan, saya menyadari ada hal-hal yang harus terpenuhui dan ada juga yang tidak harus dilakukan.Beberapa hal itu diantaranya adalah:

1. Pilihlah kos yang nyaman untuk tidur dan belajar
Bagi saya, baik-baik memilih kamar adalah hal yang harus dilakukan. Apalagi bagi kalangan mahasiswa,dengan aktifitas yang cukup padat. Hampir semua aktifitas mahasiswa dilakukan dikamar selain di kampus. Mulai dari membaca menulis,ibadah, nge-game sampai tidur saya yakin bagi kalangan mahasiswa banyak dilakukan dikamarnya. Namun mempertibangkan hal itu, memilih kamar kos yang bersih dan tidak lembab adalah hal yang baik.Sirkulasi udara juga harus cukup. Lebih baik lagi jika matahari bisa langsung masuk kekama, hal ini akan menambah suasana kamar yang tidak lembab dan tidak menjadi sarang jamur.

2. Saya rekomendasikan jangan memiih kos dekat dengan pertigaan/perempatan gang. 
Sudah jelas, mengapa saya menulis demikian. Karena hal ini akan memberikan pengaruh besar pada aktifitas Anda. Kamar yang dekat dengan persimpangan jalan akan membuat berisik suara kendaraan, orang lalu lalang keluar masuk gang, dan masih banyak aktifitas lainnya yang tentunya akan berdampak terganggunya penghuni kamar. Oleh karena itu, memilih kamar kos yang lebih jauh dari keramaian adalah hal yang sangat tepat.

3. Pilihlah biaya murah dan ramah.
Yang saya maksud murah adalah biaya tiap bulannya. Sedangkan untuk yang ramah adalah penghuninya. Kedua hal ini sangat berkaitan. Di Jember, rata-rat biaya tiap bulan adalah 200 s.d. 300 ribu. Hal itu juga melihat berbagai fasilitas yang ditawarkan. Jika Anda ingin kamar mandi dalam, juga ada namun biaya juga berbeda tentunya. Biasanya pemilik kos di Kota Jember menarik biaya kos tidak bulanan, namun tiap 6 bulan bahkan ada yang setahun. Seperti halnya dikos tempat saya tinggal, saya harus membayar biaya 6 bulanan secara kontan.Hal ini mengikat penghuni kamar agar tidak mudah untuk berpindah ke lain kos.

4. Perhatikan air dirumah kos, lancar atau tidak.
Air adalah menjadi kebutuhan nomor satu bagi penghuni kos. Tak ada air, segala kegiatan tidak akan berjalan. Namun demikia, Anda juga harus memperhatikan kondisi sumber air yang ada dikos yang akan disewa. Menggunakan pompa air atau PDAM sebaiknya ada harus tahu lebih dulu. Jadi biaya tambahan tiap bulan juga bukan menjadi beban lagi jika Anda suda tahu sejak awal tinggal.Menggunakan air dengan bijak adalah ciri mahasiswa yang produktif didalam kegiatannya. Baik dalam mencuci perabotan rumah tangga atau mencuci pakaian.

5. Lihat kondisi lingkungan sekitar.
Keberadaan tetangga juga akan memberikan pengaruh pada siapapun yang tinggal dirumah kos. Tetangga yang ramah akan memberikan kesan yang baik pada penghuni kos. Sebaliknya,jika tetangga acuh tak acuh juga akan berdampak pada penghuni kos bersikap yang sama. Saya bersyukur, dilingkungan tempat saya tinggal saat ini tetangga pada ramah dan saling menyapa kepada penghuni kos.Jika ada kegiatan yang dilakukan oleh warga, ikut nimbrung adalah hal yang tepat bagi mahasiswa, contoh: pengajian, hajatan, dll.

6. Jadikan teman satu rumah kos sebagai saudara.
Perbanyak teman, jangan berdiri sendirian dikos. Masih banyak yang membutuhkan tenaga kita, begitupun sebaliknya kita juga membutuhkan uluran tangan orang lain.

Semoga bermanfaat... 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com