Menulis, Blog, Jember, Wisata, Budaya, Komunitas, Travel, Vlog, Video, Literasi, Tulisan, Buku, Tips dan Trik, Pramuka, Islami

Wednesday, January 25, 2017

KKN, kuliah berdosen Kepala Desa bermata kuliah pengalaman

Rektor Unej, Moch. Hasan; resmi terjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata pada tanggal 11 Januari lalu. Sebanyak 1422 mahasiswa siap membangun Desa tersebar di beberapa wilayah meliputi Jember, Bondowoso, Situbondo dan Probolinggo. Upacara penerjunan dilaksanakan di halaman utara Gedung Soetardjo Unej ditutup dengan pelepasan oleh Rektor.

Bersama Perangkat Desa belajar desain grafis dan web Desa
Sebanyak 4 bus siap mengantarkan barang (perlengkapan) mahasiswa ke wilayah cakupan KKN Unej. Termasuk saya yang sebagai peserta KKN; dengan diterjunkannya mahasiswa ke Desa, merupakan cara terbaik untuk mengenal dan terjun langsung di lapangan. Bagi saya, inilah adalah kesempatan emas untuk mengembangkan bakat yang sudah lama  terpendam.

Apapun kegiatannya yang berhubungan dengan masyarakat saya suka. Maklum, lahir dan dibesarkan di Desa tentu menjadi kerundian bagi saya yang hampir 3 tahun tinggal di Kota Jember.
Mahasiswa yang diterjunkan dan tersebar dibeberapa Kabupaten tersebut memilik rencana kegiatan yang berbeda-berbeda. Sementara, Unej memberikan tanggungjawab kepada mahasiswanya dengan melalui dua kategori Kuliah Kerja, Kategori Unej Membangun Desa (UMD) dan kategori Reguler.

Yang menjadi beda antar UMD dan Reguler adalah program kerja dalam menindaklanjui rencana kegiatannya. UMD melanjutkan atau memulai pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan atau membangun website Desa dengan perencanaan sistem informasi Desa yang lebih tertib.

Sedangkan untuk Reguler adalah kategori Kuliah Kerja dengan mempertimbangkan 4 pilar; Ekonomi, Lingkungan Hidup, Kesehatan dan Pendidikan. Mahasiswa yang mendapat tanggungjawab di kategori Reguler mempunyai kewajiban untuk menggali dan melanjutkan potensi Desanya masing-masing melalui 4 pilar tersebut. Program Reguler mempunyai keunggulan daripada UMD, karena program reguler bisa juga untuk mengembangkan dan membangun Website Desa seperti halnya program UMD.

Sedangkan saya, mendapat tanggungjawab pada Program Reguler. Tentu hal ini adalah baik bagi saya. Bisa terjun langsung dilapangan dengan mengembangkan potensi Desa ditambah dengan membuat dan memberikan pelatihan kepada Perangkat Desa untuk mengelola Web.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com