Menulis, Blog, Jember, Wisata, Budaya, Komunitas, Travel, Vlog, Video, Literasi, Tulisan, Buku, Tips dan Trik, Pramuka, Islami

Monday, May 22, 2017

Memilih MIC murah kualitas berkelas untuk Video Blogging (VLOG)

Bagi saya, suara atau audio yang dihasilkan dari sebuah kamera dapat mempengaruhi kualitas dari video tersebut. Bisa saja kamera yang digunakan adalah dengan Megapixel yang baik dengan zoom yang ekstra bagus namun jika kualitas audionya tidak diperhatikan, akan menjadi pengaruh besar bahkan fatal bagi para vierwers yang melihat.

Solusinya adalah menggunakan Mic Eksternal.



Memang semua kamera menawarkan kualitas audio yang bagus, apalagi harga sangat berpengaruh dengan kualitas audio. Seperti kamera yang saya gunakan saat ini adalah Samsung HMX-Q10. Kualitas videonya sudah support Full HD, tentu dengan kualtias yang demikian banyak diminati para pecinta videografi. Audionya pun sudah stereo, dengan fitur varioplan; siapa yang lebih keras suaranya maka akan masuk dan ditangkap oleh kamera ini. Walaupu jaraknya jauh, jika memiliki kualitas auido yang lebih keras dibanding obyek yang dekat, akan tetap dominan masuk dikamera ini.

Saya sering menggunakan kamera ini untuk kebutuhan di keramaian; seperti pasar, kampus, jalan dan tempat lainnya yang menimbulkan bising dan tidak nyaman didengar, apalagi jika menggunakan headphone; tidak bisa fokus ke obyek. Maka dari itu, saya mencoba membeli MIC Clip On di situs Bukalapak.com, murah hanya 24ribu saja sudah bisa dapat alat ini. Namun, saya harus butuh alat lagi untuk disambungkan ke Handphone, karena kamera yang saya miliki tidak ada lubang michrophone seperti kamera DSLR jadi yang saya butuhkan adalah Audio Splitter.


Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya memasukan jack Clip On dengan Audio Splitter tersebut dan Audio Splitter dengan HP Anda yang bisa digunakan untuk merekam audio, bisa dengan format WAVE ataupun MP3. Anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan dari Android atau instaal aplikasi custom yang sudah disediakan di PlayStore salah satunya yaitu SMART VOICE RECORDER.

Untuk lebih detailnya, sudah saya unggah versi video mengenai pemasangan dan penggunaan Audio Splitter dan Clip On dibawah ini, semoga bermanfaat.


Share:

6 comments:

  1. jadi tetep recommended pake mic eksternal ya Dwi? TFS yak, meski baru mau vlog2an hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Prita, suara leih bagus dan hasilnya lebih jernih. Namun ya itu, harus jeli dalam edit videonya (digabung dengan audio yang dikamera.

      Delete
  2. wah keren mas kunjungi juga web saya mas hihihihi sedikit males nulis hahahaah www.mjnetradio.com

    ReplyDelete
  3. wah keren mas kunjungi juga web saya mas hihihihi sedikit males nulis hahahaah http://www.mjnetradio.com

    ReplyDelete

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com