Menulis, Blog, Jember, Wisata, Budaya, Komunitas, Travel, Vlog, Video, Literasi, Tulisan, Buku, Tips dan Trik, Pramuka, Islami

Thursday, July 6, 2017

Tips merawat rumah setelah ditinggal mudik

Membenahi genteng yang bocor agar rumah tetap aman saat kondisi hujan
1. Pastikan rumah Anda benar-benar dalam keadaan terkunci saat Anda berangkat mudik, pulang kembali pun juga sama dengan kondisi terkunci tidak berubah.

2. Jika rumah Anda adalah kos atau kontrakan, biasanya Anda menitipkan barang-barang berharga dirumah tetangga. Seperti TV, Printer, SoundHome, Mesin Jahit dan lain-lain yang dianggap penting. Jangan lupa untuk mengambilnya!

3. Cek kondisi rumah dari dinding atau lantai. Adakah jejak atau sesuatu yang menandai bahwa rumah Anda pernah dikunjungi seseorang. Bisa jadi itu adalah saudara Anda yang bermaksud mengantarkan kue lebaran.

4. Lihat dan cek ulang kondisi listrik dirumah Anda. Sebaiknya sebelum Anda berangkat mudik lihat dulu meteran rumah diangka berapa. Kalau perlu catat/foto. Kemudian setelah Anda balik cek dan lihat lagi. Pastikan angkanya berjalan normal. Lihat juga diatas meteran, khawatir ada seseorang yang lalai meletakkan magnet agar perputaran menjadi lambat (teknik sabotase).

5. Cek kabel-kabel. Ini penting untuk menghindari arus pendek. Karena sekali menyebar arusnya bisa berdampak kebakaran. Pakailah selalu kabel berkualitas SNI, contohnya pakai Kabel Kitani, ini produk Indonesia.

6. Lihat kondisi langit-langit rumah. Adakah bekas peta atau tetasan air. Bisa jadi itu adalah genteng yang melorot. Jika didapati yang demikian, segera ajak teman Anda untuk naik dan membenahinya.

7. Ingat-ingat kondisi ruang tamu rumah Anda. Mulai dari peletakan kursi, meja, vas bunga, asbak rokok dan lain-lain. Bisa jadi jika sedikit berubah, pernah ada seseorang yang bertamu diluar sepengetahuan Anda.

8. Demikian delapan tipsnya. Semoga bermanfaat. Berbagi itu indah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Dwi Satya Blog - Belajar Mengelola Hidup dengan Benar Didukung oleh Jemberwebsite.com